Sepintas Aku

Selasa, 20 Maret 2012

Java dan Hubungannya Dengan Konsep OOP


     Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Software ini dapat dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

    Java dengan OOP mempunyai hubungan yang erat. OOP biasa diimplementasikan dengan bahasa pemrograman java. Seperti yang sudah pernah dibahas di pembahasan sebelumnya, OOP atau Pemrograman Berorientasi Objek adalah pemrograman yang dibangun dari objek-objek dan kelas-kelas yang saling berelasi satu dengan yang lain.

    Kelas adalah deskripsi statis dari sesuatu, sedangkan objek adalah sesuatu yang tercipta dari kelas. Beberapa sifat OOP adalah : 
  1. Abstraksi 
  2. Enkapsulasi 
  3. Inheritance 
  4. Polymorphism 
  5. Komunikasi antar objek 
  6. Reusability
     Beberapa dari sifat diatas nantinya akan saya jelaskan. Sekarang akan saya jelaskan komponen-komponen atau bagian-bagian yang terdapat dalam java.
1. Atribut : data yang mendeskripsikan suatu objek, bisa bertipe integer, boolean, String, dll
2. Method : Prosedur atau fungsi (bila anda terbiasa dengan pascal atau c) yang mencirikan sifat dari suatu objek. Method ada beberapa macam, yakni :
a. Konstruktor : Method yang menggambarkan suatu kelas mempunyai sifat apa saja.
b. Accessor : Method yang digunakan untuk mengambil nilai dari atribut objek. Diawali dengan get.
c. Mutator : Method yang digunakan untuk memberi nilai dari atribut objek. Diawali dengan set.
d. Prosedur /Fungsi
e. Program Utama : diawali dengan public static void main(String args[])

 Di bawah ini merupakan contoh bagian-bagian dasar dari bahasa pemrograman Java :

public class Segiempat {
//atribut-atribut
private int panjang, lebar;
//konstruktor
public Segiempat(int p, int l) {
this.panjang=p;
this.lebar=l;
}
//accessor
public int getLebar() {
return lebar;
}
public int getPanjang(){
return panjang;
}
//mutator
public void setLebar(int lebar) {
this.lebar = lebar;
}
public void setPanjang(int panjang) {
this.panjang = panjang;
}
public int getLuas(){
return (panjang*lebar);
}
public int getKeliling(){
return (panjang+panjang+lebar+lebar);
}
}

                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar